Tips Mengerjakan Soal SKD CPNS 2019 Agar Lolos Passing Grade

Ujian CAT/SKD pada seleksi CPNS ataupun Pendidikan Sekolah Kedinasan selalu jadi momok bagi para peserta, padahal kalau kita tahu tips dan triknya saat mengerjakan ujian CAT pasti akan sangat membantu menghemat waktu pengerjaannya.

Oh iya, betewe sudah pada tahu belum apa itu Ujian SKD/CAT? SKD kepanjangan dari Seleksi Kemampuan Dasar yang biasanya ada ditahapan awal setiap seleksi CPNS maupun Pendidikan Sekolah Kedinasan (tapi saat 2013 sampai 2014 CAT selalu ditempatkan di akhir, ditahun berikutnya CAT ditempatkan di awal seleksi). Sedangkan CAT sendiri kepanjangan dari Computer Assisted Test yang merupakan sistem berbasis komputer yang dipakai pada tahap SKD tersebut. Kalau dulu ujian disetiap seleksi dikerjakan di atas kertas, tapi sejak tahun 2013 Kementerian Hukum dan HAM sudah mengganti pengerjaan ujian di atas kertas menjadi pengerjaan melalui komputer langsung dan online. 
Tips Mengerjakan Soal SKD CPNS 2019 Agar Lolos Passing Grade

Mari kita flashback pada saat seleksi CPNS Kemenkumham 2017 kemarin. Banyak peserta yang gugur ditahapan SKD/CAT ini sehingga kuota 3x formasi tidak terpenuhi. Saking banyaknya yang gugur sampai-sampai Kemenpan harus mengeluarkan Peraturan Menteri baru untuk menanggulangi krisis tersebut๐Ÿ˜‚. Taraaa... Akhirnya dikeluarkanlah Permenpan nomor 24 tahun 2017 tentang Perubahan atas Permenpan nomor 22 tahun 2017, yang mana kelulusan seleksi kemampuan dasar (SKD) pada seleksi CPNS KEMENKUMHAM formasi penjaga tahanan tidak hanya didasarkan pada passing grade (PG) saja, melainkan juga pada pemeringkatan jika kuota 3 kali formasinya belum terpenuhi. 

Sesulit itukah ujian SKD/CAT?
Seberat itukah passing grade yang harus dilalui?

Jawabannya tidak terlalu sulit dan tidak begitu berat. Yang penting tahu trik dan tips-nya, serta banyak belajar dan mengerti dari mana dan apa saja yang harus dipelajari agar lolos tahapan SKD/CAT.


SELEKSI DASAR KEMAMPUAN (SKD/CAT)

SKD adalah soal tes yang berasal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tes ini terdiri atas tiga bagian, yaitu:
  1. Test Wawasan Kebangsaan (TWK) berisi 35 soal
  2. Test Intelegensi Umum (TIU) berisi 30 soal 
  3. Test Karakteristik Pribadi (TKP) berisi 35 soal

SKD berisi 100 soal dan setiap soalnya berisi pilihan ganda. Setiap satu soal ada lima pilihan jawaban (a, b, c, d, dan e). Dan untuk kelulusan dalam tahap ini ditentukan melalui ambang batas  atau yang populer disebut PG alias passing grade. PG bagi ketiga soal tersebut jika mengacu pada Permenpan nomor 22 tahun 2017 sebagai berikut:
  1. TWK = nilai ambang batasnya 75 (setiap 1 soal jika benar nilainya 5, jika salah nilainya 0. Berarti minimal harus benar 15 soal dari 35 soal) 
  2. TIU = nilai ambang batasnya 80 (setiap 1 soal jika benar nilainya 5, jika salah nilainya 0. Berarti minimal harus benar 16 soal dari 30 soal)
  3. TKP = nilai ambang batasnya 143 (dalam 1 soal nilai tertinggi atau jawaban terbaik skornya 5, dan nilai terendah skornya 1. Jadi setiap pilihan ganda a, b, c, d, dan e mengandung skor 1 sampai 5)

Sedangkan waktu yang diberikan untuk mengerjakannya 90 menit. Karena ada 100 soal berarti setiap soal harus dikerjakan 54 detik. Bisa dipastikan disini kita harus bermain dengan kecepatan. Kecepatan! 

NB: sudah keluar Permenpan terbaru yakni Permenpan No. 37 tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar. Silakan baca sendiri dan ditelaah, penulis belum sempat membacanya ๐Ÿ˜…





MATERI SELEKSI KEMAMPUAN DASAR (SKD)

Materi pada soal pada TWK, TIU, dan TWK jika dilihat melalui Permenpan nomor 20 tahun 2017 meliputi :

1) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
a) Pancasila;
b) Undang-Undang Dasar 1945;
c) Bhineka Tunggal Ika; dan
d) Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).


2) Tes Intelegensi Umum (TIU)
DImaksudkan untuk menilai:
a) Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan 
informasi secara lisan maupun tulis;
b) Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;
c) Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan 
d) Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

==> SOAL SOAL TIU FULL BESERTA JAWABAN <==
3) Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Untuk menilai:
a) Integritas diri;
b) Semangat berprestasi;
c) Kreativitas dan inovasi;
d) Orientasi pada pelayanan;
e) Orientasi kepada orang lain;
f) Kemampuan beradaptasi;
g) Kemampuan mengendalikan diri;
h) Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
i) Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
j) Kemampuan bekerja sama dalam kelompok;dan
k) Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
==> SOAL SOAL TKP FULL BESERTA JAWABAN <==


TIPS DAN TRIK

1. SOAL TES KARAKTER PRIBADI (TKP) 


Untuk pengerjaannya, karena berpacu dengan waktu, kita harus benar-benar memilah mana soal yang bisa dikerjakan dengan waktu yang lebih cepat dan tidak membutuhkan pemikiran yang lama saat menjawabnya. Maka kerjakanlah soal Tes Karakter Pribadi (TKP)  lebih dulu. Saat seleksi CPNS KEMENKUMHAM 2013 lalu penulis menggunakan trik ini. 

Kenapa? 

Karena bentuk soal dari TKP hanya seputar kepribadian yang tidak perlu rumus ataupun hafalan, jadi TKP adalah soal termudah dan soal yang jawabannya bisa paling panjang. Ketika pikiran kita belum terjejali pertanyaan-pertanyaan berat otomatis pikiran masih fresh dan bisa berpikir jernih. Kita hanya perlu menjawab dengan jawaban terbaik dan terbijak.

Ingat:
Soal nomor 1 sampai 35 adalah soal TWK
soal nomor 36 sampai 65 adalah soal TIU, dan
Soal nomor 66 sampai 100 adalah soal TKP

Jadi ketika awal membuka soal pastinya yang tampil dilayar adalah soal nomor 1 dulu, yaitu soal TWK. Kalau penulis dulu, ketika mengerjakan CAT langsung melompat ke nomor 66 - 100, mengerjakannya pun dengan cepat, tapi nggak grasa-grusu juga ๐Ÿ˜…

Bacalah dengan cepat dan jawablah dengan cepat! Ingat dalam satu soal kalian hanya punya waktu paling lama 54 detik untuk menjawabnya, jangan sampai jatah waktu disoal selanjutnya terambil hanya karena lelet mengerjakannya. Dan hanya pada saat mengerjakan soal TKP inilah kalian punya kesempatan MENABUNG WAKTU! Semakin cepat menjawab, semakin banyak amunisi tabungan waktunya untuk mengerjakan soal-soal sulit seperti pada soal TWK dan TIU. 

Dijawab dengan cepat tapi nanti kurang tepat jawabannya, bagaimana donk Bang? 

Perlu diingat juga bahwa setiap peserta nanti diberikan satu kertas kosong untuk coret-coretan. Kalian hanya tinggal membawa kartu peserta, KTP, dan bolpen saja. Makanya manfaatkanlah kertas kosong tersebut. Dulu, saat mengerjakan ujian CAT, penulis menuliskan setiap soal yang dirasa jawabannya tidak tahu dan soal yang ragu-ragu dilembar kertas kosong dan membuatnya kolom baris. Seperti ini contohnya.

Soal TWK dari nomor 66 sampai 100

Dikolom tersebut ada dua baris,  yang pertama soal yang tidak tahu jawabannya dan soal ragu-ragu. Untuk soal TKP pastinya kita hanya ragu-ragu saja dengan jawaban yang kita pilih. Jadi tidak ada jawaban yang kita tidak tahu jawabannya karena hanya seputar kepribadian. Setiap penulis ragu-ragu maka ditulislah nomor soal tersebut di kertas. Semua soal di TKP diisi semua, tidak ada yang dibiarkan kosong, untuk sementara jika ada soal yang masuk kriteria ragu-ragu, penulis jawab dengan jawaban yang paling yakin, tapi nggak lupa dicatat di kertas kosong jaga-jaga jika nanti ada waktu tersisa maka bisa mengoreksi jawaban yang 'ragu-ragu' tersebut. 

Kriteria jawaban yang dipilih?

Jawab saja apa yang menurut kalian paling bijak. Penulis pernah mencoba untuk menjawab dengan jawaban terbaik dan terbijak, tapi skor TKP tertinggi yang pernah diperoleh hanya 158 ๐Ÿ˜‚.



2. SOAL TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK)

Setelah soal TKP dilalui, maka langsung dilompat ke soal nomor 1 alias soal TWK. Disoal TWK ini kalian pasti menemukan soal dengan kriteria jawabannya "tidak tahu" dan jawaban "ragu-ragu". Baca dengan cepat. Kalau tidak tahu lompati saja, kosongkan. Jika ada soal yang kalian tidak tahu jawabannya tapi kalian punya feeling jawabannya kemungkinan misalnya A, maka jawab saja tapi jangan lupa ditulis dikertas kosong sebagai penanda. Lalu jika ada soal yang membuat kalian bingung karena ada dua jawaban yang kalian feeling benar, maka tulis di bagian "jawaban ragu-ragu" di kertas kosong tersebut. Contohnya seperti ini. 

Soal TWK dari nomor 1 - 35


Kira-kira soal apa saja yang sering keluar? 

Materi soal meliputi ini:

a) Pancasila;

Untuk materi-materi pancasila coba baca lewat google atau beli bukunya juga bisa, buku soal-soal TKD yang didalamnya juga memuat soal TKP Dan TIU. Tidak ada ruginya karena nanti selain ada contoh soal juga ada pembahasannya. Kalau menurutku materi soal pencasila ini memang yan paling sulit, kadang pertanyaannya itu tidak ada di materi-materi buku maupun google. Seperti kristalisasi, falsafah, atau pertanyaan lainnya. 

b) Undang-Undang Dasar 1945;
Materi ini tinggal baca saja di UUD NRI tahun 1945, cari di google, baca, pahami, lalu hafalkan. Materi terpenting karena didalamnya bisa memuat tentang tata negara. Walaupun terkadang hanya 1 atau 2 pasal saja yanh keluar. 

c) Bhineka Tunggal Ika; dan

d) Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).
Semua materi di atas bisa didapatkan di google gratis. Cari juga materi contoh soalnya, dan yang terpenting untuk soal TWK: lebih baik memahami daripada menghafal. Dalam artian jika kita sudah membaca, lalu menghafalkan sambil memahami itu akan memudahkan kita saat mengerjakan soal yang membutuhkan ingatan. Jangan sampai hanya menghafalkan jawaban dari soal-soal yang di dapat di google atau yang didapat di simulasi CAT playstore. 



SOAL TIU (TES INTELEGENSI UMUM)

Pengerjaan soal TIU menjadi yang terakhir karena nanti setiap soalnya bisa panjang kali lebar kalimatnya, dan menuntut banyak pemikiran untuk menjawabnya. Sekali lagi, lompati saja soal yang membutuhkan waktu lama untuk penyelesaiannya. Dan setelah semua soal yang mudah sudah dikerjakan, sehingga tersisa yang susah-susah saja, kembalilah ke soal TKP dan TWK yang kalian tinggalkan tadi. 

Lalu soal TIU-nya dibiarkan bolong? 

Penulis dulu begitu. Segera setelah soal termudah TIU selesai langsung kembali ke soal TKP dan menuntaskannya bagaimanapun jawabannya. Lalu meloncat ke TWK hingga tidak ada lagi jawaban kosong diantara kedua soal tersebut (TKP dan TWK). Kemudian kita bisa fokus menyelesaikan soal TIU yang tersisa. 

Materi soalnya apa saja? 

1. Pengetahuan dan wawasan umum
2. Tes sinonim (persamaan kata) 
3. Tes antonim (lawan kata) 
4. Tes padanan hubungan kata
5. Tes pengelompokan kata
6. Tes aritmatika
7. Tes seri angka
8. Tes seri huruf
9. Tes logika angka
10. Tes angka dalam cerita
11. Tes analisa pernyataan 
12. Tes kesimpulan silogisme
13. Tes logika cerita


Untuk berlatih materi TIU lebih baik beli atau pinjam buku soal-soal CPNS. Disana ada pembahasan dan trik cepat mengerjakannya, itu sangat-sangat membantu. Karena soal gratisan di google terkadang tidak ada pembahasannya. 


KESIMPULAN

Intinya, agar bisa lolos passing grade pada ujian SKD/CAT perbanyaklah BELAJAR, BACA, dan DOA. Kurang-kurangi menyakiti hati orang tua (dan gebetan/pacar/teman rasa pacar ๐Ÿ˜‚)BELAJAR, BACA, dan DOA adalah kombinasi kuat agar kalian bisa lulus pada tahapan tersebut dikarenakan soal-soal yang didapat setiap peserta berbeda-beda dan random

Tidak ada komentar:

Posting Komentar